Monday, March 19, 2018

Pengertian Bandwidth internet beserta fungsingnya

A. Pengertian

Bandwidth internet adalah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit. bandwidht juga bisa diartikan sebagai lebar jalur yang dilewati oleh througput. untuk lebih jelasnya silahkan lihat pembahasan dibawah.

B. Latar Belakang

Bandwidth digunakan untuk menentukan lebar dari jalur internet yang dimana semakin besar jalur maka internet akan semakin lancar.

C. Maksud dan Tujuan

Berbagi pengetahuan tentang bandwidth internet yang digunakan sebagai jalur yang disediakan oleh isp.

D. Pembahasan
Bandwidth

Bandwidth adalah sebuah jalur yang diberikan oleh isp(penyedia jaringan internet) kepada clientnya yang digunakan untuk mengakses internet. Isp juga bisa diibaratkan dalam kehidupan nyata seperti pada jalan tol yang kita ibaratkan sebagai bandwidth, semakin besar jalan tol maka mobil yang banyak sekalipun bisa melaju dengan lancar dan kebalikannya jika jalan tol kecil maka mobil yang melaju akan macet macet jika berlebihan. mobil disini di ibaratkan sebagai throughtput.

Throughtput adalah data yang lewat dalam suatu bandwidth. Untuk cara kerja komunikasinya yaitu data dkirimkan berupa request dari client (pengguna isp) kepada isp (penyedia layanan) dan isp menyalurkan ke isp lain hingga sampai ke server, lalu server memabalas request dari client dan mengirimkan data balasan ke client dengan perantara isp. jadi dalam komunikasi jaringan data dapat melewati banyak router, jika anda ingin melihatnya anda bisa cek di terminal linux atau dengan cmd di windows dengan kata kunci traceroute.

Fungsi dari Bandwidth
  • Menjadi jalur atau media pengiriman data
  • Membatasi kecepatan transfer data
  • Membatasi jumlah data yang dikirimkan
Macam Macam Bandwidth beserta penjelasanya
Bandwidth
1. Bandwidth Analog

Rentang antara frequensi yang terendah dengan frequensi yang tertinggi yang yang digunakan pada transmisi sinyal radio, bandwidth analog dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz)

2. Bandwidth Digital

Merupakan banyaknya data yang dikirim dalam banyaknya bit, untuk satuannya bit nya dibawah ini.
1 byte (1B) = 8 bits
1 kilobits (1Kb) = 1.000 bits
1 kilobyte (1KB) = 8.000 bits
1 Megabits (1Mb) = 1.000.000 bits
1 Gigabits (1Gb) = 1.000.000.000 bits

E. Kesimpulan

Jadi bandwidth digunakan untuk jalur atau media transmisi data yang disediakan oleh isp.