Wednesday, November 8, 2017

Cara Mudah Membuat Flowchart dan Diagram Di Linux Dengan Aplikasi DIA






A. Pendahuluan :

    - Pengertian


Apa itu ‘Dia’?
Dia adalah sebuah aplikasi pengolah diagram yang dikembangkan oleh proyek Gnome untuk digunakan oleh para pengguna Linux. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk membuat suatu diagram.Salah satunya adalah membuat flowchart. Selain flowchart bisa juga untuk membuat UML, Cisco Networking, dan diagram lainnya.Aplikasi ini bersifat free dan opensource, Kita bisa menggunakannya dengan gratis.Untuk menginstallnya. Caranya cukup mudah, ketikan command berikut diterminal linux (apt)



    - Latar Belakang


Pasti sebelum membuat program kita harus menentukan alur konsep dasar dari sebuah sistem yang akan di buat dan itu biasanya di dimuat dalam sebuah flowchart jadi di semua programer pemula maupun programer yang sudah mahir pasti akan membuat konsep dasar dan flochart sebelum dia mulai melakukan coding.



    - Maksud dan Tujuan


Maksud dan tujuan saya akan memberikan sedikit tutorial cara membuat flowchart di linux dengan aplikasi DIA


   
B. Alat dan Bahan


  1.  1 Unit PC / Laptop yg sudah terinstal Linux
  2.  Aplikasi DIA (cara pemasangan bisa di lihat di bawah ini)


C. Uraian Kegiatan


  • Cara instal DIA dengan terminal
      1. Yang pertama komputer atau pc harus terkoneksi dengan internet
      2. Setelah itu buka terminal dan ketikan kode ini  
        sudo apt-get install dia
      3. Tunggu hingga selesai, 
      4. Setelah selesai, inilah tampilan dari Dia Aplikasi pengolah diagram





  • Cara membuat Flowchart Luas Segitiga
      1.  Klik File → New 
      2. klik pada gambar     / terminal interrupt lalu tuliskan “Start”.
      3. klik pada gambar     / input output lalu tuliskan “Input A, T”.
      4. klik pada gambar    / process lalu tuliskan “Luas = A * T * 0.5”.
      5. klik pada gambar    / input output lalu tuliskan “Print Luas”.
      6. klik pada gambar  / terminal interrupt lalu tuliskan “End”.
      7. Terakhir buatlah garis untuk menghubungkan bentuk-bentuk nya. Dengan cara tekan tombol L pada keyboard atau dengan cara klik gambar          pada toolbox.      

  • Logika Pemrograman Flowchart Luas Segitiga



  1.  = Terminal intterupt, ini berfungsi untuk memulai / mengakhiri sebuah program, dalam flowchart simbol ini sangat lah perlu digunakan. Dan biasanya ditulis Start pada awal program dan End pada akhir program.



  1.  = Input / Output, simbol berbentuk jajar genjang ini berfungsi sebagai Input dan Output program, pada flowchart kali ini, input nya adalah A dan T, A sebagai Alas dan T sebagai tinggi dari segitiga. Dan Outputnya adalah Luas. Output adalah hasil keluaran dari input yang sudah di proses.


 = Process, simbol berbentuk persegi panjang ini berfungsi sebagai pemrosesan dari Input program. Proses yang dilakukan dalam flowchart ini adalah Alas dan Tinggi, yang menggunakan variabel Luas. Dan digunakan untuk meletakan proses perhitungan luas segitiga.

D. Kesimpulan

Dengan menggunakan aplikasi DIA, pengerjaan representasi data menggunakan grafik atau diagram menjadi lebih mudah. Penggunaan aplikasi ini juga tidak terlalu sulit, kita tinggal drag & drop saja setiap bagan yang tersedia pada DIA . Oleh karena itu, sebaiknya aplikasi ini ada di dalam komputer yang anda gunakan terutama bagi para designer-designer system dan pengembang aplikasi perangkat lunak. Meskipun gratis, namun DIA memiliki fiture yang cukup lengkap dan canggih. Demikian mengenai DIA aplikasi pembuat diagram atau FlowChart, semoga bermanfaat.  
 

Referensi dan Daftar Pustaka